Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Bisnis Bareng Teman? Waspadai 5 Risiko Ini!

Bisnis Bareng Teman? Waspadai 5 Risiko Ini!

Jangan lupa persiapkan pula keluarga untuk niat baru Momy, karena pasti sebagian waktu dan mungkin juga keuangan keluarga yang bisa jadi terpakai untuk menjalankan usaha ini. Nah, jika Moms kemudian juga ingin memulai usaha, maka pahami dulu niatnya. Apakah hanya sekedar ikut-ikutan teman, hobi, atau malah memang ingin mencari tambahan penghasilan.

Silakan lihat kebijakan privasi terbaru kami untuk informasi lebih lanjut. Dengan melanjutkan penelusuran di situs ini, Anda memberikan persetujuan terhadap hal yang sama. Sebagai solusi, sediakan waktu di mana kalian bisa bertemu untuk curhat dan merayakan keberhasilan bisnis bersama misalnya ketika akhir pekan. Perseteruan antara Martin Pratiwi dengan mantan rekan bisnisnya, Ashanty Hastuti berawal dari bisnis skincare yang mereka jalani. Hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah membuat rencana bisnis. Ini adalah panduan yang akan menjadi acuan dalam menjalani bisnis.

Cara berbisnis dengan teman

Tapi, jangan sampai bisnis yang baru dirintis ini meruntuhkan hubungan pertemanan selama bertahun-tahun ya, Superfriends. Satu lagi yang perlu Anda perhatikan adalah mencari teman yang memiliki bakat, sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya, Anda ingin memulai bisnis di bidang desain inside. Anda memiliki bakat dalam mendesain ruangan, namun bisnis tersebut tidak akan berjalan jika tidak ada pelanggan yang menggunakan jasa Anda. Di sini Anda harus mencari teman yang memiliki kemampuan dalam memasarkan jasa Anda dan memiliki bakat komunikasi interpersonal cukup tinggi. Nantinya ia bisa memberikan Anda pelanggan, dan di akhir proyek, baik Anda maupun teman bisa mendapatkan keuntungan untuk kedua belah pihak.

Namun perlu diingat, lakukan dengan bijak dan proporsional. Bukan sedikit saja berhasil, hadiahnya sudah penuh kemewahan atau berlebihan. Risikonya anak menjadi ikut tidak proporsional dalam menilai dirinya sendiri. Bisa jadi ke depannya selalu menuntut hadiah dan tidak lagi merasa bahwa sejatinya kesuksesan adalah untuk dirinya sendiri. Untuk mengirimkan Form di sosial media, tinggal Klik salah satu ikon media sosial yang tersedia. Sebelum memulai bisnis, Anda harus terlebih dahulu memiliki rencana keuangan bisnis yang baik dan benar.

Karena kini anda dan kawan anda bukan hanya sekedar kawan, tetapi juga associate kerja, maka anda harus menjaga komunikasi anda dengan baik. Misalkan, ketika dalam urusan bisnis sebaiknya satu sama lain memiliki komtimen kuat untuk disiplin dan saling mengingatkan tanpa rasa sungkan. Selain itu, pisahkanlah urusan bisnis dengan urusan diluar bisnis dan bersikaplah profesional. Susah, senang, maupun sedih akan mudah untuk dilewati bersama jika hal tersebut dilalui bersama teman dekat. Seringkali komentar yang menyenangkan tapi bertujuan untuk kamuflase saja tidak berdampak positif bagi perkembangan usaha teman.

Sebagai solusi, sediakan waktu di mana Anda bisa bertemu untuk curhat dan merayakan keberhasilan bisnis bersama misalnya ketika akhir pekan. Berdasarkan uraian di atas, meminjam uang ke bank konvensional yang terdapat bunga di dalamnya, merupakan hal yang dilarang karena bunga bank termasuk riba yang diharamkan. Adapun pembiayaan berdasarkan prinsip syariah diperbolehkan karena tidak ada unsur riba di dalamnya. Oleh karena itu, kami sarankan saudara mengajukan permohonan pembiayaan ke financial institution syariah terdekat untuk modal usaha saudara. Jangan sampai bisnis kamu hancur karena kamu permisif dengan temanmu.

Comments are closed.